img

INGIN HASILKAN BAWANG PUTIH SENDIRI, SIMAK CARANYA DI BAWAH INI

Salah satu bumbu dapur yang sering di gunakan diantaranya adalah bawa putih. Makanan ini identik di gunakan dalam berbagai sajian terlebih dalam pembuatan sambal. Tidak heran jika kebutuhan bawang pun semakin hari semakin meningkat. Sehingga kebutuhan bawang putih di pasaran pun juga melonjak. Terlebih di tengah pandemi corona, banyak orang melakukan aktivitas memasak di rumah. Yang membuat kebutuhan bumbu dapur pun terus di cari.

Nah saat ini anda bisa memiliki bawang putih dari hasil panen sendiri. Memanfaatkan polybag untuk menanam bawang putih di rumah akan menghasilkan banyak sekali. Dan pastinya akan sangat bermanfaat untuk kita. Untuk menanam bawang putih sendiri pun juga bisa di lakukan dengan mudah. Bahkan saat ini pun banyak panduan yang mana memudahkan kita dalam menanam bawang putih.

Namun untuk memudahkan anda dalam menanam bawang putih dan menyesuaikan dengan kebutuhan anda. Kali ini kami akan melakukan pembahasan mengenai cara dalam menanam bawang putih yang simpel dan menghasilkan.

Cara Apa Saja Yang Bisa Di Lakukan Untuk Menanam Bawang Putih?

Ada 2 cara dalam melakukan penanaman bawang putih, diantaranya seperti:

  • Dengan bawang putih bertunas

Jika anda ingin menanam bawang putih, maka anda bisa gunakan bawang putih yang sudah bertunas. Dimana anda bisa menyimpang bawang lemari es selama kurang lebih 1-2 minggu hingga tunas tumbuh.   

  • Dengan bawang putih tanpa tunas

Caranya dengan mengupas bawang putih selayaknya ketika di gunakan untuk memasak.

Cara menanam bawang putih berikut ini:

Menyiapkan tanah

Di butuhkan tanah yang sudah di campur dengan pasir, sekam padi, pupuk organik. Jangan sampai anda menanam di tanah liat sebab bawang tidak suka dengan tanah yang terlalu lunak.

Masukkan tanah ke dalam polybag

Selanjutnya anda bisa memasukkan tanah ke dalam polybag, lalu masukkan bawang putih dengan ke dalaman dua sampai tiga cm di tanah yang sudah berada di dalam polybag. Pastikan ujung runcing bawang putih menghadap ke bagian atas lalu tutup lagi dengan tanah.

Lakukan penyiraman

Kemudian wajib untuk anda melakukan penyiraman bawang putih dengan baik. Jangan sampai bawang putih kering namun juga jangan terlalu becek.

Berikan pupuk selama 1 minggu sekali

Dan jangan lupa anda pun memberikan pupuk selama satu minggu sekali. Bahkan juga penting untuk memberikan asupan paparan sinar matahari yang cukup. Hal ini bertujuan agar bawang putih dapat tumbuh dengan baik.

pemantauan

Saat bawang putih berumur 2 minggu, biasanya daun akan muncul dan mulai bertumbuh. Saat pertumbuhan ini wajib anda perhatikan dari hama yang dapat merusak tanaman bawang putih. Angan sampai terlalu banyak hama yang membuat bawang putih tidak tumbuh dengan baik.

  • Siap panen

Saat bawang putih sudah berumur 90-100 hari, maka anda pun bisa segera memanen bawang putih tersebut. Yang mana anda bisa memanfaatkan juga untuk berbagai kebutuhan dan keperluan anda.

Nah itulah beberapa cara menanam bawang putih yang sangat mudah untuk di lakukan dan hasil yang bisa di dapatkan pun juga lebih maksimal. dan tidak hanya bisa di manfaatkan pribadi saja. Bawang putih sangat cocok di gunakan untuk kebutuhan dalam bisnis. Hasil yang bisa kita dapatkan pun juga lebih menguntungkan dan lebih maksimal hasilnya.